Perawatan Payudara Saat Hamil

Bila seorang ibu dapat menyusui bayinya dengan ASI, itu berarti ia telah memberikan yang terbaik untuk anaknya. Sebab, selain nilai gizinya tinggi dan cocok untuk bayi, ASI juga dapat melindungi bayi dari penyakit infeksi serta menguatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan bayinya. Sayangnya, walau sudah berusaha kadang seorang ibu gagal menyusui bayinya. Kegagalan itu biasanya disebabkan oleh ASI yang tidak keluar, atau puting yang masuk ke dalam. Hal itu sebenarnya tak perlu terjadi jika selama kehamilan dilakukan perawatan payudara.

MASASE PAYUDARA

Selama masa kehamilan, masase payudara sangat dianjurkan karena banyak manfaatnya. Misalnya untuk merangsang kelenjar-kelenjar susu, agar kelak air susu bisa mengalir lebih lancar. Juga untuk mencegah timbulnya pembengkakan dan peradangan payudara sewaktu menyusui. Selain itu, bila nanti tiba saatnya menyusui, air susu yang dibutuhkan bayi bisa keluar dengan semestinya.
Dua kali sehari sebelum mandi, lakukan rangkaian perawatan atau masase payudara sebagai berikut:
- Siapkan alat-alat dan bahan yang akan dipakai, seperti handuk lembut, kapas, minyak zaitun atau krim masase, air hangat dan air dingin masing-masing satu baskom.
- Cuci tangan bersih-bersih. Ambil handuk dan celupkan ke dalam air hangat lalu peras. Bersihkan payudara dan putingnya dengan handuk ini.
- Olesi kedua belah telapak tangan dan payudara dengan minyak zaitun atau krim masase, untuk mempermudah saat pengurutan.
- Lakukan masase sambil duduk tegak di kursi.
Setelah masase selesai, celupkan handuk ke dalam air hangat, lalu peras. Bersihkan payudara dari minyak atau krim.
Untuk merangsang peredaran darah di sekitar payudara, siramlah (atau kompres) payudara dengan air hangat kemudian dengan air dingin secara bergantian beberapa kaki.

PERAWATAN PUTING

1. Untuk mengatasi agar puting tidak masuk ke dalam, dengan lembut tarik-tariklah puting keluar. Olesi kapas dengan minyak zaitun dan bersihkanlah puting dari kotoran-kotoran yang menyumbat ja

alan keluar ASI. Yang perlu diingat, jangan membersihkan puting susu dengan sabun, karena kelenjar-kelenjar di dalamnya dapat mengeluarkan cairan alami untuk menjaga kebersihannya.

2. Untuk mengurangi kepekaannya, setekah dibersihkan gosoklah puting susu dengan handuk basah yang hangat. Selain itu, sekitar 1 jam dalam sehari, biarkan puting bergesekan langsung dengan pakaian (dengan tidak mengenakan BH). Dengan demikian, diharapkan puting susu tidak akan terasa sakit atau lecet saat diisap bayi.

PERAWATAN DARI DALAM

Selain melakukan perawatan dari luar dengan menggunakan masase payudara, perawatan dari dalam juga dibutuhkan agar ASI berkualitas dan cukup memenuhi kebutuhan bayi. Hal ini bisa dilakukan dg memenuhi kebutuhan gizi selama hamil dan menyusui. Diantaranya dengan banyak makan makanan berprotein tinggi, sayur, serta banyak mengkonsumsi cairan.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Selain menjual sepatu dengan model yang telah tersedia kamipun menerima pembuatan sepatu wanita dengan model dari anda sendiri.Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Anni (PIN BB 7E78785D,HP 081572985289,Yahoo Messenger annieffendi@yahoo.com) dari jam 10.00 s/d jam 18.00,Lie Mey Yung (PIN BB 7EAB45A8,HP 02295555022,Yahoo Messenger mey_yung73@yahoo.com) dari jam 18.00 s/d jam 20.00

Oh...yah aku juga lagi cari reseller loh.....syarat ringan tidak ribet ko!!!
dan untuk lihat model sepatu bisa masuk ke
http://orderlovelyshoes.blogspot.com/
aku tunggu yah dan salam sukses!!!