Kenapa Remaja Melakukan ML??

JAKARTA - Praktisi kesehatan dari Poliklinik RS Fatmawati dr Nugroho Setiawan mengatakan, remaja melakukan ML karena pengetahuan reproduksinya kurang.

"Mereka cuma tahu kalau hamil digugurin tidak tahu efek samping dari pengguguran itu atau dia sudah pernah melakukan hubungan seks dengan yang nanti tidak menjadi suaminya, dia akan menimbulkan suatu memory yang nanti akan menganggu kehidupannya kemudian," paparnya.
Misalnya, kata dia, sudah pernah melakukan dengan si A kawinnya dengan si B, pasti ada memory dengan si A dan akan mengganggu kehidupan dia selanjutnya. Selain itu, masih berkembang mitos yang menyesatkan.

"Remaja masih menganggap kalau melakukan hubungan seks sekali saja aman-aman saja, atau setelah melakukan hubungan seks terus loncat-loncat agar spermanya akan jatuh ke bawah itu kan masih banyak mitos di remaja seperti itu.

Kondisi itu yang akan menyebabkan remaja akan melakukan ML lagi," ujarnya.
Mengingat hal ini sangat serius, maka pihak terkait harus peduli terhadap masalah remaja.

"Peduli dengan remaja. Kepedulian itu yang harus diberikan apa sebetulnya?
Pendidikan masalah kesehatan reproduksi, apa yang mereka lakukan apa akibatnya? Bagaimana caranya orang bisa hamil, kalau dia melakukan dengan ganti-ganti pasangan apa akibatnya?" jelas dokter Nugroho.

Selain itu perlu ditanamkan pengetahuan tentang bahaya aborsi. "Kalau dia melakukan aborsi apa akibatnya? Remaja kan nggak boleh hamil, karena nutrisi yang mereka makan akan berebut dengan janinya sedangkan remaja kan masa pertumbuhan," ujar Nugroho.

Menurut dia, hal itu peting untuk diinformasikan bahwa sangat menyesatkan bila hamil lalu aborsi dan lalu selesai. "Memang selesai untuk kehamilannya itu, tetapi dia tidak tahu akibat aborsi saat remaja, bisa menyebabkan invertilitas. Kalau sudah menikah tidak bisa punya anak," ungkapnya.

Sebetulnya, sambung Nugroho, aborsi yang legal di Indonesia itu tidak ada. Jadi semua aborsi yang dilakukan pasti ilegal, karena aborsi yang legal pasti ada alasan dokter melakukan, seperti alasan kesehatan.

"Tapi kalau aborsi yang itu pasti ilegal entah yang melakukan dukun atau dokter yang bertanggung jawab, pasti tidak benar yang mereka lakukan. Tidak benar itu karena tindakannya tidak bisa dipertanggungjawabkan, itu yang berisiko."

Aborsi itu diperbolehkan kalau membahayakan jiwa ibunya. Misalnya ibu itu kebetulan ada penyakit tertentu dan kalau kehamilan dilanjutkan akan mempunyai risiko sekian persen meninggal. "Nah itu kedokteran OK. Atau kehamilan mempunyai multiple problem. Misalnya yang paling sering terbentuknya janin tanpa tulang kepala, kalau pun dilanjutkan bayi tetap akan mati, maka dianjurkan untuk diaborsi. Pasti punya alasan kedokteran yang bisa dipertanggung jawabkan," tuturnya.

Remaja berani ML dan aborsi karena pengetahuan kesehatan reproduksinya rendah. Mereka tidak tahu, dan hanya berpikir berhubungan seks aman saja, atau dengan disemprot saja sudah bersih. Selain itu, dengan berganti-ganti pasangan beresiko terkena penyakit menular seksual.

"Kebetulan beberapa tahun yang lalu, ada murid SMA kelas 3 perempuan cantik sekali datang kepada saya. Dia bilang "dok kemarin saya oral pacar saya dan sepermanya ketelan. Saya khawatir saya hamil". Dia datang ke saya karena khawatir kalau hamil. Dia berani datang ke saya itu pasti sudah berpikir seratus kali, karena pasti kan malu untuk ngomongnya," ceritanya.

"Kenapa dia demikian karena dia tidak tahu kesehatan reproduksi yang benar. Masa oral saja bisa hamil, kan tidak!! tapi itu juga tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan infeksi-infeksi penyakit menular seksual di tenggorokan.
Mereka pikir oral aman dan tidak hamil, tapi dia tidak tahu akibatnya. Itu cukup mengerikan, sehingga sekarang sangat ditekankankan untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya pada remaja," jelasnya.

Sebetulnya yang paling bertanggungjawab untuk memberikan informasi adalah orangtua. Tapi orangtua remaja ini tidak siap untuk memberikan sehingga mereka tidak memberikan dengan benar. Akibatnya, remaja-remaja ini mencari informasi dari teman sebayanya. Sayangnya, teman sebayanya ini tidak mempunyai pengetahuan yang cukup, sehingga mereka asal jawab saja, maka menyebabkan penyesatan pada teman-temannya
Previous
Next Post »
0 Komentar

Selain menjual sepatu dengan model yang telah tersedia kamipun menerima pembuatan sepatu wanita dengan model dari anda sendiri.Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Anni (PIN BB 7E78785D,HP 081572985289,Yahoo Messenger annieffendi@yahoo.com) dari jam 10.00 s/d jam 18.00,Lie Mey Yung (PIN BB 7EAB45A8,HP 02295555022,Yahoo Messenger mey_yung73@yahoo.com) dari jam 18.00 s/d jam 20.00

Oh...yah aku juga lagi cari reseller loh.....syarat ringan tidak ribet ko!!!
dan untuk lihat model sepatu bisa masuk ke
http://orderlovelyshoes.blogspot.com/
aku tunggu yah dan salam sukses!!!